Bacalah dengan menyebut nama Tuhanmu

Atas wujud lain sebuah keindahan, muncul dengan nama Kebahagiaan..

sepenggal cerita..

       Entah akhir-akhir ini saya merasakan hal yang "aneh", ini hanya pikiran saya yang berlebihan atau apa ya.. dalam rentang 1 pekan belakangan ini temen-temen banyak yang nulis ke wall FB saya (hhee GeeR), saya ngerasa dapet perhatian dari mereka, sebenernya bukan masalah GeeR atau apalah tapi bener-bener saya merasa sepekan ini temen-temen nulis di wall yang kata-katanya menunjukan kalo mereka rindu dengan saya dan bahkan sayang dengan saya (yang nulis perempuan kok :d ).. ya Allah semoga saya baik-baik saja dan tetap dalam lindunganMu.. amin

       Selain itu beberapa sepupu saya juga sms, yang intinya mereka kangen dengan saya dan pengen ketemu + nginep dirumah.. bahkan sepupu saya yang dibogor sampe nelpon pagi-pagi buta nyuruh saya maen kerumahnya + nyuruh saya cepet-cepet nikah katanya keburu nenek-nenek (apa coba :p , alhamdulillah bisa ngeles dikit hhaa) awalnya saya ngerasa biasa aja, tapi setelah ini semua berturut-turut menyapa saya, saya jadi kepikiran "ada apa dengan saya, dan kenapa ya? ataukah akan terjadi sesuatu hal?" ya Allah semoga saya baik-baik saja dan tetap dalam lindunganMu.. amin

       Sebenernya juga saya ngerasa sepekan ini dirumah, saya agak sedikit lebih rajin (cie cie rajin padahal cuma masak, beres-beres, dan ngecat rumah :p ) dan kayanya juga udah jarang berantem dengan adik kecil saya (biasanya kita bercanda berlebihan sampe berantem-berantem, abis itu umi marah-marah deh hhee).. ya Allah semoga saya baik-baik saja dan tetap dalam lindunganMu.. amin

       Ada satu hal lagi kejadian aneh di hari senin, tiba-tiba pas saya mau kekampus, abang saya sms dan minta ketemuan ditempat kerjanya, mau ga mau saya samperin tempat kerjanya alhamdulillah ga terlalu jauh juga dari kampus (padahal saya lagi banyak kerjaan hari itu), akhirnya ketemu juga di kantornya, sampe disana ternyata dia ngajak makan + ngasih uang (lumayan assiikk). setelah kegiatan kampus saya selesai sampe jam setengah 8 an akhirnya saya pulang dan tiba-tiba kepikiran pengen sms abang saya dan ngajak pulang bareng (padahal tadi siang baru ketemuan), akhirnya janjianlah dan pulang bareng, malem itu hari yang luar biasa bersama abang yang luar biasa juga (jarang-jarang banget).. ya Allah semoga saya baik-baik saja dan tetap dalam lindunganMu.. amin

       umipun sempat bilang "ya Allah, umi ketemu anak cuma hari libur doang, itu juga hari libur masih aja tetep pergi (saya harus ngaji)" dengan cepatnya saya jawab "maap ya mi, hari ini ngajinya sebentar doang kok nanti juga cepet pulang, lagi mau ngumpulin pahala dulu buat di syurga" saya juga bingung tiba-tiba saya ngomong kaya gitu.
       Dari beberapa rangkaian peristiwa "aneh" ini saya baru nyadar malam ini dan saya ngerasa itu semua terjadi berturut-turut. wahh palingan cuma pikiran aneh saya saja yang cuma disambung-sambungin atau dikait-kaitkan padahal ga nyambung.. ^_^ meskipun pada akhirnya akan terjadi sesuatu, itu semata karena kehendak Allah bukan karena apa-apa..

ya Allah aku berlindung padaMu dari segala sesuatu yang akan menimpaku..
matikanlah aku dalam keadaan baik (khusnul khotimah)..
hingga aku bisa bertemuMu di syurga nanti..
dan aku bisa duduk bersama di permadani syurgaMu bersama orang-orang sholeh..
walaupun aku sangat sadar, amalanku tak seberapa..
kutitipkan keluargaku padaMu ya Robb..
sampaikan salam rinduku untuk jingga..

Bumi Allah yang penuh keberkahan..
Akhir Juni

anakumi - AL Masyuq

Saat Hujan

inilah waktu yang ku nanti..
saat gemercik hujan membasahi kaki bumi..
ku lantunkan doa tulus pada Sang Maha Pemberi..
berharap para malaikat ikut meng-amini..


Tuhan..
hujanmu membawa keberkahan..
tak hentinya aku panjatkan..
segala doa dan harapan..


doa doa doa..
hujan hujan hujan..
doa dalam hujan itu yang ku inginkan..
seraya mengangkat kedua tangan..
agar doaku cepat tersampaikan..


Akhir Juni

Bumi Allah yang penuh Rahmat..
dari jiwa yang penuh harap..


Anakumi - AL Masyuq

Kerinduan

aku tak pernah berlari untuk pergi..
akupun tak pernah melangkah untuk menjauhi..
aku masih disini..
aku masih disini..
ditempat ini..
di ruang sisi terdalam yang bernama hati..


ini rindu yang menguasai raga..
ini air mata atas sebuah asa..
rinduku mebuncah..
merobek langit alam semesta..
menanti jingga menoreh senja..

kerinduan juga ketegaran..



Bumi Allah, Juni 2011
AL Masyuq - anakumi

Resume dan Analisis Fiqih DAKWAH

Fiqih Dakwah
Jum'ah Amin Abdul Aziz

Dakwah adalah sebuah aktivitas yang terutama bersentuhan dengan manusia dan kemanusiaan. Seringkali ia menyajikan kepada pelakunya serangkaian permasalahan yang pelik dan rumit, serumit kemanusiaan itu sendiri. Oleh karenanya dibutuhkan dai yang berwawasan luas dan memiliki pemahaman yang dalam akan berbagai perangkat yang dibutuhkan; perangkat lunak maupun perangkat kerasnya.

Dakwah berorientasi pembangunan dan perbaikan masyarakat. Namun seringkali karena kedangkalan wawasan dainya- ia tidak berhasil memberikan kontribusi apapun, tidak juga perwujudan maslahat yang riil. Bahkan terkadang keberadaannya justru memperkeruh suasana dan merusak tatanan masyarakat. Dalam kondisi seperti itu kita jumpai orang menolak dakwah bukan karena benar-benar ingkar, tapi semata karena buruknya akhlak sang dai, atau dangkalnya pengetahuan dia tentang kaidah-kaidah dakwah.

Defini Dakwah di tinjau dari bahasa dan istilah..
An nida artinya memanggil..
Ad-du’a ila syai’I artinya menyeru..
Ad-dakwah ila qodhiyah artinya menegaskan atau membelanya..
Berdoa suatu usaha berupa perkataan atau perbuatan untuk menarik manusia ke suatu aliran atau agama tertentu memohon dan meminta.

Dakwah yang kita maksudkan disini..
Dakwah yang kita inginkan dan yang wajib bagi kaum muslimin untuk melaksanakannya adalah dakwah yang bertujuan untuk beorientasi pada:
1.  Membangun masyarakat islam, sebagaimana para rasul Allah, yang memulai dakwahnya dikalangan masyarakat jahiliyah.Mereka mengajak manusia untuk memeluk agama Allah, menyampaikan wahyu-Nya kepada kaumnya, dan memperingatkan mereka dari syirik.
2. Dakwah dengan melakukan perbaikan pada masyarakat islam yang terkena musibah. Seperti penyimpangan dan berbagai kemungkaran, serta pengabaian masyarakat tersebut terhadap segala kewajiban.
3. Memelihara kelangsungan dakwah dikalangan masyarakat yang telah berpegang pada kebenaran, melalui pengajaran secara terus-menurus, pengingatan, penyucian jiwa dan pendidikan.

Dakwah adalah kewajiban secara syar'i..
dakwah adalah kewajiban yang syar'i, dibenarkan dan dibuktikan dengan adanya firman-firman Allah..

Firman Allah “dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang munkar;merekalah orang-orang yang beruntung” (Ali Imran:104)

Firman Allah “ sesungguhnya orang-orang yang menyembunyikan apa yang telah kami turunkan berupa keterangan-keterangan (yang jelas) dan petunjuk setelah kami menerangkanya kepada manusia dalam alkitab,maka ia di laknati Allah dan di laknati oleh semua makhluk yang dapat melaknati….
(Albaqoroh 159-160)

Firman Allah “mengapa orang-orang alim dan pendeta-pendeta mereka tidak melarang mereka dari mengucapkan perkataan bohong dan memakan yang haram?sesungguhnya amat buruklah apa yang telah mereka kerjakan itu “ (Al-Maidah: 63)
Firman Allah “hai orang-orang yang beriman,jagalah dirimu; tiadalah orang yang sesat itu akan memberi madharat kepadamu apabila kamu telah mendapat petunjuk.hanya kepada Allah kamu kembali semuanya,maka dia akan menerangkan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan “(Al-Maidah; 105)

Firman Allah “ demi masa.sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian,kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal sholih dan nasehat menasehati supaya menaati kebenaran dan nasehat-menasehati supaya menetapi kesabaran

Keutamaan Dakwah..
Keutamaan dalam dakwah dalam firman Allah :
firman Allah “ siapakah yang lebih baik daripada orang yang menyeru kepada Allah,mengerjakan amal sholeh dan berkata, ‘sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri,” (fushilat:33)

Hadis “ barang siapa menunjukan kepada kebaikan,ia berhak memperoleh pahala sebagaimana pahala orang pahala sebagaimana pahala orang yang melakukannya (HR.Muslim)

Karakter Dakwah kita..
1. Rabbaniyah,artinya bersumber dari wahyu Allah
2. Wasathiyah,artinya tengah-tengah atau tawazun (seimbang)
3. Ijabiyah,artinya positif dalam memandang alam,manusia,dan kehidupan
4. Waqi’iyah,artinya realistis dalam memperlakukan individu dan masyarakat
5. Akhlakiyah,artinya sarat dengan nilai kebenaran,baik dalam sarana maupun tujuan
6. Alamiyah,bersifat mendunia
7. Syuriyah,berpijak di atas prinsip musyawarah dalam menemukan segala sesuatunya
8. Syumuliah,artinya utuh dan menyeluruh dalam manhajnya
9. Jihadiyah,artinya terus memerangi siapa saja yang berani menghalang-halangi islam
10. Salafiyah,artinya menjaga orisinilitas dalam pemahaman dan akidah

Adapun metode- metode dakwah yang harus dilakukan oleh seorang Da'i adalah sebagai berikut :
1. Penyampaian yang baik
2. Keindahan uslub
3. Targhib (member rangsangan) dalam kebenaran
4. Mempergunakan kebijaksanaan dan nasihat yang baik
5. Bantahan dengan cara yang lebih baik
6. Mempertimbangkan situasi dan kondisi
7. Penggunaan sarana publikasi dan informasi yang paling modern

"seorang da'i harus paham dan mengetahui tentang apa yang ia lakukan dan ia kerjakan untuk dakwah ini."

Faktor-Faktor Keberhasilan Dakwah..
Dakwah kita memiliki nilai-nilai yang luhur dan pemahamannya yang asli serta risalahnya yang abadi. Dakwah membutuhkan seorang dai yang sanggup memikul amanah dan berbagai masalah yang harus direalisir, agar dakwah ini sukses serta sampai pada tujuannya yang mulia.
Faktor-faktor pendukung keberhasilan dakwah adalah sebagai berikut :
1. Pemahaman yang mendalam
2. Keimanan yang kuat
3. Kecintaan yang kukuh
4. kesadaran yang sempurna
5. kerja yang kotinue

Pilar-Pilar Dakwah Kami..
Banyak orang-orang sekuler yang menertawakan kita ketika mereka anggapan mereka tentang dakwah ini bahwa pilar-pilar kedaulatan kita ini tergambar dalam slogan “ Satu tanah air, Satu nusa, Satu bangsa,dan satu kepentingan yang sama”.
Pernah datang suatu masa ketika seorang muslim berjalan dari Andalusia ke afrika utara, mesir, syam, dan irak, bahkan kenegara jauh seperti cina dan india, tanpa ada perasaan takut dan terasing. Dimana saja ia berada pasti ada yang menyebut asma Allah.

Sifat-Sifat Da'i..
Sifat - sifat yang dimiliki seorang da’i adalah ia dapat mendakwahi keluarga dekatnya, dapat pula menasehati orang-orang yang dikenal dari umat islam. Ia menjadikan Rasulullah sebagai teladan, bijaksana dalam dakwahnya, ihsan dalam menasehatinya, dan bermujahadah dengan cara yang lebih baik, maka dakwah bil haq itu lebih baik dan berpengaruh daripada dakwah bil maqal.

Wahai Da’i, bersikaplah lemah lembut kepada semua orang, Sesungguhnya termasuk keburukan seorang da’i adalah apabila ia memberatkan manusia, seakan dia melihat mereka dengan pengelihatan yang hina, atau dengan pandangan yang sombong, dan merasa paling tinggi.

Wahai Da'i bersifatlah penyantun, Sesungguhnya sifat penyantunnya itu merupakan salah satu tanda dari tanda-tanda kerasulan Rasulullah, sifat penyantunnya mendahului ketidaktahuannya, dan ketidaktahuannya yang sangat itu tidak menambahinya kecuali semakin bersikap penyantunnya.

Sikap Da'i dalam Masyarakat..
Da'i tidak boleh terhina oleh kemauan mereka (Masyarakat), hanya karena ingin menarik mereka kedalam dakwah.terkadang hanya karena tujuan saja, seorang dai tidak hanya mengubah sebagian norma dan tradisi islam saja, bahkan sampai mengubah prinsip akidah bahkan system islam.

Syarat - Syarat melawan Kemungkaran..
1. Pastikan yang kita hadapi adalah benar-benar kemungkaran
2. Hendaknya kemungkaran yang tampak bukan suatu kesalahan yang dicari-cari
3. Hendaknya kemungkaran itu diketahui tanpa ijtihad

Allahualam..
di Bumi Allah yang penuh Rahmat..

ALMasyuq

Seuntai Kalimat Penggugah

Di dalam diri ini terkandung zat yang Maha Segalanya..
Hanya sekarang kita adalah milikNya..
Bukan kita yang memilikiNya..
Maka kita harus mengikuti alur skenarioNya..
Seandainya kehendakNya berbicara lain..
Semoga kita semakin kuat..
Karena semakin sakit maka sebenarnya semakin menambah kedewasaan..

Perkataan penggugah 7 rangkaian aksara dari seorang teman yang sampai detik ini masih ku ingat dan masih jelas terdengar ditelingaku..
ku ucapkan untukmu..

Terima kasih sudah menyuguhkan seuntai kalimat sederhana ini..
Setidaknya akupun mulai paham atas skenario indahNya..
Tinggal bagaimana aku meminta padaNya untuk mengajarkan aku bagaimana memahami semua ini agar aku mampu menafsirkan rahasia yang kerap kali sering tersingkap..

Berbaik sangka terhadap rencanaNya mutlak itu lebih baik, karena Allah pun mengikuti prasangka setiap hambaNya..


"Perjuangan dan pengorbanan yang sedang kita lakukan akan membuahkan hasil sesuai apa yang kita korbankan dan perjuangkan saat ini.." So do never stop until expectations are met

Dalam sujud malam dan Robbitoh tak hentinya aku memohon padaMu..

di Bumi Allah aku mengadu..

AL Masyuq

Generasi Penerus Bergerak bukan Diam untuk Hukum dan HAM Indonesia..

Bicara tentang hukum di Indonesia memang sudah sedikit lebih baik jika dibanding dengan tahun-tahun sebelumnya, namun ada beberapa hal yang perlu disoroti terkait dengan hukum dan HAM yang ada di Indonesia.
Hukum dan HAM seakan tidak akan pernah ada habisnya seperti menggali tanah di permukaan atau bahkan seperti induk ayam yang selalu meneteskan telurnya yang tidak akan pernah berhenti. Kasus demi kasus selalu muncul kepermukaan, kasus A belum selesai kemudian muncul kasus B, kasus B belum selesai kemudian muncul kasus C, dan begitupun seterusnya bahkan hingga kasus Z. Rasanya rakyat sudah mulai gerah melihat tingkah para tersangka hukum (baca : pemerintahan) yang semakin hari ada saja kasus yang dibuat. penegakan hukum saat ini kelihatannya masih pilih-pilih (baca : pilih kasih), kita lihat sekarang para pejabat yang melakukan pelanggaran hukum yang berat tapi mereka tidak mendapatkan hukuman yang setimpal dengan apa yang mereka perbuat, bahkan perbuatannya dapat membunuh banyak orang secara tidak sadar, bagaimana tidak membunuh rakyat secara perlahan, uang yang ada di rampas secara besar-besaran (baca : korupsi) padahal uang tersebut bisa digunakan untuk pembangunan sekolah atau bahkan pendirian balai latihan kerja untuk fakir  miskin dan orang terlantar, tapi apa hukuman yang mereka terima? Fasilitas ruangan yang mewah seperti dirumahnya atau bahkan seperti hotel semua serba ada. Belum lagi waktu masa tahanan para pejabat yang lebih ringan dibanding dengan si pencuri ayam yang mungkin bisa di hukum bertahun-tahun. Pantas saja jika pada akhirnya banyak pihak yang tidak jera dengan hal ini bahkan mereka tidak takut dengan hukum. Secara tidak sadar ini juga melanggar hak asasi manusia sebagai warga negara indonesia. Banyak rakyat yang terenggut haknya, uang pajak yang dibayarkan digunakan untuk fasilitas negara, memberi mobil-mobil mewah atau bahkan sampai dibuat foya-foya.
Akhir-akhir ini saya sedang memperhatikan kasus X yang sedang di sorot media, yang sampai saat ini masih sedang atau dalam proses penyelidikan. Menurut saya kasus ini terbilang besar dan merugikan banyak pihak, ya jelas saja kasus yang memakan harta yang bukan miliknya atau bisa disebut juga dengan penipuan. Saya tidak habis fikir ketika tersangka dikabarkan sakit kemudian respon dari pihak penyelidik adalah akan membiayai semua pengobatan yang jika dinominalkan biaya itu tidak sedikit, bisa dirata-ratakan sampai RP. 50.000.000,- bukan angka yang kecil bukan? Memang saya bukan orang yang ahli dibidang hukum bahkan sayapun tidak tau prosedur disana seperti apa, tapi mereka bilang ini adalah bagian dari penyelidikan? Dengan nominal RP. 50.000.000,- sama saja seperti membiayai pengobatan orang yang mampu (tersangka ini orang kaya loh). Padahal jika difikir-fikir lagi uang RP. 50.000.000,- bisa digunakan untuk kepentingan yang lebih berguna dan mendesak lainnya. Jika memang peraturan di sana seperti itu, sepertinya ketika ada orang yang tidak mampu dan sedang terserang penyakit hebat butuh pengobatan yang instan dengan biaya yang instan, dia lebih baik melakukan tindakan kriminal (mencuri ayam) agar mendapat hukuman dan dipenjara hingga pada akhirnya biaya pengobatannya dapat ditanggung oleh pihak penyelidik atau kepolisian.
Hari ini penegakan hukum dan HAM di Indonesia masih belum adil, bagaimana jika ini terus berlanjut hingga generasi kedepan? Na’uzubillah jangan sampai ini terjadi.
Setiap amanah yang kita pegang kelak akan dimintai pertanggungjawaban di akhirat kelak, semoga pemerintahan di Indonesia semakin hari semakin baik dan cerah hingga dapat menjadi inspirasi dan pegangan bagi kami kaum muda, hingga suatu hari nanti kami dapat memperbaiki negara kami agar bisa lebih baik lagi. Bukankah hari esok harus lebih baik dari hari sekarang bukan?
Satu dasar prinsip yang pada dasarnya harus dimiliki oleh para pemimpin adalah berpegang kuat pada agama dan takut kepada Sang Pencipta. Ketika prinsip itu sudah melekat kuat dalam diri kita, maka akan ada penjaga yang lebih kuat dari sekedar teman (baca : Allah). Selain itu akhlak dan moralpun menjadi salah satu prinsip yang penting pula dimiliki oleh setiap orang karena para pemimpin adalah figur atau panutan bagi rakyat, ketika akhlak dan moral sudah baik maka kami sebagai rakyatpun akan senantiasa mengikuti gerak para pemimpin kami. Rasulullah sukses menjadi pemimpin umat saat itu salah satunya karena memiliki akhlak mulia bukan? Dan yang terakhir dan paling penting adalah mencari kebenaran bukan pembenaran sehingga negara ini bisa menegakan hukum yang adil.
 Sekarang kita memang tidak boleh megandalkan satu pihak saja, dan jangan sampai hidup kitapun dipenuhi dengan mengkritisi orang lain, kita pun sebagai generasi muda harus bisa ikut serta berperan dalam pembangunan negara untuk lebih baik lagi. Yang paling penting adalah perbaiki diri, keluarga, masyarakat, kemudian kita bisa memperbaiki negara. Mari generasi muda kita maju melangkah kedepan, rapatkan barisan, menuju indonesia yang adil dan sejahtera. generasi muda bergerak bukan diam..

Dear Allah..

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah Tuhan semesta Alam yang telah memberikan nikmat yang luar biasa pada hambaNya, tidak bisa sedikitpun aku tuliskan seluruh nikmat yang Kau berikan padaku walau lautan menjadi tintanya dan daratan menjadi bukunya.. subhanallah..

hari ini tepat di tanggal 6 juni 2011 Allah memberikan kejutan yang luar biasa, harapan yang ku tunggu sejak 6 bulan yang lalu kini menjadi kenyataan juga..hhe, mungkin ini adalah salah satu rencana dan skenario Allah baru memberikan sekarang..

terima kasih ya Allah, meskipun tidak sesuai dengan apa yang aku pikirkan dan prediksikan tapi aku yakin Engkau akan mempermudah semuanya, hingga titik terakhir perjuanganku.. dan insya Allah aku akan berusaha sebaik mungkin hingga maksimal, walaupun untuk hasil tetap Engkau yang menentukan..

semoga Engkau memudahkan segala urusanku dan diberi jalan terbaik..
kuatkan aku ya Allah..
perjalanan ini akan segera dimulai..

terima kasih ya Allah

AL Masyuq

Jejak Dalam Frame



Jejak Dalam Frame


 alhamdulillah, akhirnya foto seperti ini terlaksana juga, sudah bertahun-tahun ingin foto gaya "ala frame" kaya gini cuman baru kesampean sekarang, hhee #lebay..


AL Masyuq

Ada kesalahan di dalam gadget ini
Ada kesalahan di dalam gadget ini

menurut anda apakah blog ini bermanfaat?

Blog Writing Competition 2015

Blog Writing Competition 2015

Blog Writing Competition 2015
Kompetisi Blog Summarecon

Pojok Pulsa

Lomba Blog Pojok Pulsa 2015

Smartfren 4G LTE Advanced

Ada kesalahan di dalam gadget ini
Ada kesalahan di dalam gadget ini
Ada kesalahan di dalam gadget ini

Search

"Liawati Anakumi"

Foto saya
Depok, Jawa Barat, Indonesia
seorang anak yang dibesarkan oleh orangtua yang luar biasa, memiliki cita-cita menjadi sholehah, berusaha menjadi diriku dengan segala kekuranganku dan menjadi diriku dengan segala kelebihanku, pembelajar yang terus mau belajar.. sanguinis dan plegmatis personal.. bagiku sastra adalah bagian dari kehidupan, dengan satu aksara aku bisa menjadi lebih memaknai dunia.. Teacher senior high

My Life

Bukan manusia yang sempurna, tapi berusaha menjadi yang terbaik diantara yang terbaik..

Sangat ingin menggeluti profesi dibidang pendidikan menjadi seorang guru dan konselor yang bermanfaat untuk orang lain dan menjadi pendengar yang baik..

Sangat ingin menggeluti profesi dibidang sastra menulis dan membaca, karena dengan menulis dan membaca dapat merubah dan menaklukan dunia dan isinya..

Memiliki impian yang mustahil terwujud menjadi seorang wartawan (hihiii)..


Special Word

"Ketika Cinta belum dipertemukan biarkanlah cinta berekspresi menjadi sebuah keshalehan"

"maka Nikmat Tuhan yang manakah yang dapat aku dustakan?"

"semua akan indah pada waktuNya"

ya Muhaimin

AL Masyuq


liawatianakumi. Diberdayakan oleh Blogger.