Bacalah dengan menyebut nama Tuhanmu

Atas wujud lain sebuah keindahan, muncul dengan nama Kebahagiaan..

Terima kasih, muridku

Segala puji bagi Allah yang telah menghadirkan rasa cinta kerelung hatiku..

"oohh ini kisah sedihku ku meninggalkan dia, betapa bodohnya aku"
yaa, ini sedikit kutipan lagu pasto, yang menjadi saksi dan menghantarkan kepergianku dari sekolah..
belum genap satu minggu rasanya aku keluar dari sekolah tapi masih saja diliputi kesedihan, kesedihan ini muncul bukan karena aku harus pergi dari sekolah atau tidak bekerja lagi alias pengangguran, sekali lagi bukan karena itu tapi kesedihan ini datang karena aku harus meninggalkan murid-murid yang paling aku banggakan.. ya mereka adalah murid-murid yang paling membanggakan untukku tidak pernah ku temui sebelumnya sosok seperti mereka semua..

Teriakan suara mereka masih jelas terdengar, wajah mereka masih jelas tergambar, dan keunikan mereka masih jelas melekat di memori otakku..
satu persatu memberi warna tersendiri..
lagi-lagi harus menitikan air mata dan rasanya tidak pernah ada habisnya air mata dalam kelopak mata..
belum lagi aku membaca satu persatu kata-kata indah mereka yang mereka tujukan untukku, kejutan-kejutan yang mereka berikan, rasanya semakin deras dan tak tertahankan rasa ini, ya menangis lagi, lagi-lagi memang harus menangis..
rasa sayangnya mereka begitu terasa, bukan karena rekayasa tapi alamiah memang terjadi, mudah-mudahan..

sampai berjumpa ditempat yang telah dijanjikanNya..
semoga Allah mendekap erat kalian dan menjadikan kalian baik sehingga mendapatkan yang terbaik..
berjanjilah padaku wahai murid-murid yang cerdas dan luar biasa untuk selalu mempersembahkan yang terbaik untuk orang-orang yang kalian sayangi..
berjanjilah untuk tetap menjaga hubungan kita..
berjanjilah untuk terus berprestasi..
hingga suatu hari nanti aku akan tersenyum bahagia karena melihat kesuksesan kalian..
hingga suatu hari nanti aku akan menangis bahagia karena melihat impian kalian tercapai..

maafkan diri ini yang sering kali mengecewakan..
maafkan diri ini dengan keputusan yang terlalu egois..
aku bingung harus seperti apa..
aku bingung harus mengusap air mata kalian dengan cara apa..
tapi satu hal yang tidak aku bingungkan yaitu doaku selalu menyertai kalian..

terima kasih atas perhatian kalian,
terima kasih atas rasa sayang kalian,
terima kasih atas cinta kalian,
terima kasih atas kepedulian kalian,
terima kasih sudah singgah di kehidupanku,
terima kasih untuk segala-galanya..
terima kasih murid-muridku..

hingga masih bisa ku rangkul kalian, sosok yang mengalir di cawan hidupku..

_gurumu
Liawatianakumi

Dalam kenangan

Bismillah
Segala puji bagi Allah yang telah mempertemukan aku dengan mereka..
Sosok yang menginspirasi, sosok yang memotivasi, dan sosok yang luar biasa..
mungkin untuk membacanya hanya butuh waktu yang sangat singkat, tapi aku menulisnya butuh waktu yang sangat lama, so harus dibaca ya heheheeee (maksa)

waktu terasa semakin berlalu,
tinggalkan cerita tentang kita,
akan tiada lagi canda dan tawa yang akan kita ukir bersama..
ada cerita tentang masa yang indah, cerita tentang kita.....
4 bulan sudah ku lewati hari-hariku bersama mereka, hari-hari yang penuh rajutan emosi
Marah, kesel, sedih, tangis, duka, takut, khawatir, bahagia, senang, gembira, suka, tawa, kaget, dan bertanya-tanya, itu semua menyatu menjadi satu dalam fikir dan benakku yang pada akhirnya akan menjadi catatan terpenting dilembar sejarah kehidupanku..

Awal yang sungguh mendebarkan ketika memasuki dunia baru (LPK), yang penuh dengan tantangan yang luar biasa, banyak hal yang membuat aku merasa tidak betah, banyak hal yang membuat aku merasa tidak pantas menjadi seorang guru, banyak hal yang membuat aku menangis, tapi tidak kalah penting banyak hal juga yang membuat aku merasa menjadi orang yang sangat bahagia dan banyak hal pula yang membuat aku berat meninggalkan mereka..

Pasti aku akan merindukan masa itu, dimana senyum selalu terukir, tegur, sapa, salam yang selalu aku dengar di telinga ini dan saling berjabat tangan ketika berjumpa..
Teriakan mereka yang masih terngiang-ngiang ditelinga ini, wajah mereka yang masih terpancar dimata ini..
"Ibu ibu aku mau curhat"
"ibu buku ku udah dibales belom?"
"ibu nanti ada waktu ga? aku mau curhat"
"ibu masuk kelas sekarang yah"
"ibu aku ikut kelas ini ya, aku mau lihat video"
canda tawa, sedih, tangis, rengekan, gembira, lelucon menjadi ciri khas kalian..

Lorong-lorong sekolah mengingatkan aku pada mereka, ketika melihat mereka duduk dikoridor sambil bercanda dan tertawa..
Lorong-lorong sekolah mengingatkan aku pada mereka, ketika mereka menangis mengadu meminjam pundakku..
Cerita-cerita kehidupan mereka yang sangat luar biasa dan sangat unik yang tidak pernah ku jumpai sebelumnya, menjadi saksi atas inspirasi kehidupanku..
Cerita kehidupan mereka yang memotivasi diriku untuk tetap bertahan..
Cerita kehidupan mereka yang menginspirasi diriku untuk tetap bangkit..
Cerita kehidupan mereka yang sangat luar biasa..

Jika Tuhan izinkan aku meminta, akan ada satu yang akan ku pinta
Izinkalah hati kami agar tetap menyatu, walau jarak dan waktu memisahkan kami..
Mudah-mudahan masih ada kesempatan untuk bertemu dan melihat mereka
Sayang mereka semua dan bangga bisa kenal mereka, mereka adalah yang terbaik..
Tetap berjuang, semoga kalian sukses..
Pasti aku akan merindukan zaman itu..
Aku sayang kalian (xa,xb,xia,xib,xiia,xiib)

Pertemuan kita disuatu hari menitikan cerita yang indah
Bersyukur aku kehadirat Illahi bertemu dengan mereka..
Namun kini perpisahan yang terjadi, dugaan yang menimpa diri ini..
Senyuman yng tersirat dibibirmu, menjadi ingatn setiap waktu..
Bersabar di atas suratan, kita harus tetap berjuang..
Terima kasih ya semuanyaaaaaaa
Aku sayang kalian semuaaaa
Luv u all
i'm proud of you, my student..

perpisahan adalah rangkaian dari dari pertemuan, semoga perpisahan ini hanyalah perpisahan secara fisik namun hati tidak..

_gurumu_
liawati anakumi

Letter for my student

Segala puji bagi Pencipta langit dan Bumi, Allah Subhanawataa'la..

Murid-muridku sayang,
Hari ini ibu katakan bahwa ibu sangat bangga mengenal kalian. Ibu sangat senang bisa berjumpa dan bertegur sapa dengan kalian, kalian adalah penguat hidup. Alhamdulillah, Allah memberikan ibu kesempatan untuk berinteraksi dengan kalian. Wajah kalian tidak akan pernah lekang dari ingatan..

Murid-murid kebanggan ibu,
Hari ini ibu katakan bahwa pasti ibu akan sangat merindukan kalian. Ibu tidak akan lagi mendengar celotehan kalian, rengekan dan tangisan kalian, serta senyuman manja kalian kala menyapa ibu. Pasti ibu akan merindukan masa-masa itu.

Murid-muridku yang cerdas,
Hari ini ibu katakan bahwa suara kalian ketika menangis menggetarkan hati ibu, suara kalian ketika tertawa membuat ibu bahagia tiada tara, dan suara kalian ketika mengadu tentang hal yang kalian tidak suka membuat ibu ingin terus mendengarkan setiap keluh dan kesah kalian.

Murid-muridku yang luar biasa,
Hari ini ibu katakan bahwa ibu sangat menyayangi kalian, tidak ada sedikitpun rasa ingin berpisah dan melepas kalian  tapi ini harus ibu lakukan demi kebaikan masa depan..

Murid-muridku yang ganteng dan cantik,
Hari ini ibu katakan bahwa Setiap desah nafas selalu mengalir doa untuk kalian, doa-doa kesuksesan untuk kalian di masa depan karena ibu yakin suatu hari nanti ibu akan tersenyum melihat kalian berdiri dengan meraih kesuksesan yang luar biasa. Jangan pernah takut untuk bermimpi nak, ibu yakin kalian adalah murid-murid yang cerdas dan luar biasa. Hilangkan rasa takutmu dan hilangkan rasa ketidak percayaan dirimu.

Murid-muridku,
Hari ini ibu katakan bahwa cerita kehidupanmu membawa pengaruh untuk kehidupan ibu. Setiap bait kata yang kalian ceritakan pada ibu, memberi arti tersendiri dan membangkitkan kekuatan serta semangat untuk hidup ibu..

Terima kasih sudah singgah dikehidupan ibu, tetap tersenyum disetiap kondisi apapun hambatan yang ada didepan mata.. mudah-mudahan tidak ada air mata kesedihan tapi yang ada hanyalah air mata kebahagiaan karena kalian mampu melawan setiap rasa takut yang hinggap.

Allah, hari ini tekad ku semakin kuat untuk resign dari sekolah. Alhamdulillah Engkau memberiku jalan kemudahan dengan adanya pengganti diriku, seorang wanita sholehah juga baik hatinya (walau aku hanya berinteraksi lewat telepon dan baru kenal beberapa minggu) tapi aku sangat yakin wanita ini dapat menggantikan posisiku disekolah..

Murid-muridku kalian adalah penguat kehidupan disetiap kondisi..

Insya Allah nama kalian melekat utuh ditempat terdalam yang bernama hati dan sebentar lagi kalian pasti akan mendapatkan guru yang jauh lebih baik dari ibu, insya Allah.

Tetep semanngat
iloveyouall

_gurumu_
Liawati anakumi - al masyuq

Tentang Jodoh

Novel terkadang sangat menarik untuk dibaca jika pembaca bisa merasakan apa yang ada di novel tersebut, rasanya mengalir seperti berada dalam cerita tersebut. ya hari ini aku mau berbagi dengan para blogger terkait novel yang ku baca.. hhmmm ceritanya unik dan menyentuh bikin pembacanya terus berfikir "saya kaya gitu ga ya"..
Udah lama rasanya ga baca novel, karena kemaren ada sedikit waktu luang akhirnya nyempetin baca, awalnya ga begitu tertarik dengan isinya tapi ujung-ujungnya dibaca juga sampe akhir alhasil woooww amazing isinya, hhee. Mau sedikit ngeresume isi novel yang baru aja aku baca, karena menurutku contentnya sangat menarik..

"ini kisah seorang wanita yang cerdas dan luar biasa, sampe-sampe dia bisa melanjutkan studinya sampai S2. Secara materil wanita tsb tergolong mapan, bekerja sebagai dosen di perguruan tinggi ternama di semarang, cantik, cerdas, dan tidak ada sedikitpun kekurangan kalau dibilang sangat sempurnalah. Tapi ada raut dihati yang tak kunjung pergi, kegelisahan dan kesedihan selalu menghampiri bukan karena kekurangan material tapi karena sampai saat ini usianya  menginjak 33 tahun Allah belum juga mengirimkan separuh dien untuk hidupnya. itulah penyebab wanita tersebut menangis setiap malam, seraya memohon kepada Allah untuk segera diberikan jodohnya karena kondisi kedua orangtuanya pun sudah tergolong cukup tua. Sebenarnya bukan karena tidak ada yang mau dengan wanita tersebut, padahal sejak usia mudanya sudah banyak laki-laki yang menawarkan diri untuk menjadi pendamping hidupnya. Dulu ada seorang laki-laki yang sangat tergila-gila padanya dan kemudian menawarkan diri untuk menjadi suaminya tetapi ditolak oleh wanita tersebut karena satu dan lain hal. Datang lelaki kedua, kemudian lelaki ketiga, empat, lima tetapi hasilnya nihil tetap saja wanita tersebut menolak para lelaki dengan alasan kurang cocok dan tidak sesuai kriteria. Hingga sekarang di usianya yang terbilang cukup matang ia belum juga menemukan pendamping hidup. Sampai dalam hatinya selalu berkata "ya Allah aku menyesal, kenapa tidak dari dulu saja aku menikah di usia diniku karena alasan tidak siaplah yang membuat aku mengurungkan diri untuk tidak menikah diusia dini". wanita ini berusaha menyibukan diri dengan aktivitasnya agar lupa dengan masalah yang vital ini, kesibukannya dikampus adalah mengajar dan menjadi dosen pembimbing bagi mahasiswa yang sedang menempuh skripsi. wanita ini termasuk dosen yang sangat dikagumi oleh mahasiswa karena baik dan cerdas termasuk hasan (salah satu mahasiswa bimbingannya). Keluh kesah dan kegelisahan rana (nama wanita tersebut, tadi diawal lupa memperkenalkan,hhe) mulai dibagi pada sahabatnya. akhirnya suatu hari seorang dekan dikampus rana berniat ingin melamarnya, ya memang usia dekan tersebut jauh lebih tua dibanding rana, dekan ini duda tanpa anak. akhirnya datanglah rombongan keluarga dekan tersebut kerumah rana untuk berniat melamar rana, tidak ada keyakinan sedikitpun dihati rana untuk menerima dekan tersebut karena rana sangat tahu kepribadian dekan tersebut (jauh dari kriteria rana dan termasuk orang yang jauh dari agama).  setelah proses lamaran, rana sangat meminta maaf karena tidak bisa menerima lamaran dekan tersebut. Dekan sangat marah dan merasa dipermalukan hingga saat ini dendam yang membara dari dekan terus bergejolak hingga rana selalu mendapat teror "perawan tua" dan bahkan akan difitnah besar-besaran dikampus, akhirnya rana mengundurkan diri dari perguruan tinggi tersebut dan mencoba untuk melamar pekerjaan menjadi seorang guru disalah satu pesantren. mahasiswa ranapun sangat kehilangan dan sedih sekali termasuk hasan. Tidak lama kemudian rana mengecek email, ternyata ada inbox dari teman lamanya yang intinya  teman lama rana itu ingin melamar rana dan menjadikan rana sebagai istrinya yang kedua. Rana sangat terkejut dan menangis mendengar kabar tersebut dan rana mencoba untuk menghiraukan. Selang beberapa waktu rana ditawarkan oleh kiai (pemilik pesantren tempat rana bekerja) seorang lelaki sholeh, dan kiaipun menceritakan kondisi lelaki tersebut. lelaki tersebut ternyata adalah seorang penjual kerupuk keliling dan duda (istrinya baru saja meninggal 1 tahun belakangan karena sakit). Kiai kemudian memberitahukan kepada rana agar dihari besok ia jangan kemana-mana karena akan ada penjual kerupuk yang akan melewati rumahnya, jika rana ingin thu lebih dalam tentang lelaki tersebut ajaklah berbincang karena sesungguhnya lelaki tersebut tidak tahu bahwa akan dijodohkan. Keesokan harinya, rana tidak  pergi kemanapun ia menunggu rumah dan sangat berharap ada tukang kerupuk yang lewat, berjam-jam ia menunggu tapi tak kunjung datang. kebosanan mulai menghampiri tapi rana berusaha untuk sabar demi seorang yang akan menggenapkan separuh agamanya. Akhirnya siang hari penjual kerupuk datang, dengan  tergesa-gesa rana berlari keluar rumah dan memanggil tukang kerupuk tersebut ternyata tidak sesuai yang difikirkan dan diharapkan. Tukang kerupuk ini sudah sangat tua sekali mungkin seumuran dengan ayah rana, betapa sedihnya rana dalam hati ia berkata "ya Allah mungkinkah lelaki tua penjual kerupuk ini adalah jodohku, apakah aku sehina ini sehingga harus mendapatkan seseorang seperti ini". Akhirnya rana pasrah dan berharap itu bukan tukang kerupuk yang akan dijodohkan dengannya. Rana mencoba bersabar dan menunggu tukang kerupuk lewat didepan rumahnya tapi sampai sore haripun tak ada satupun penjual yang lewat, ranapun pasrah mungkin ini yang terbaik untuknya. menjelang magrib terdengar suara yang lantang melewati rumahnya "krupuuukk krupuk", bukan main rana bahagia karena ada tukang kerupuk lagi lewat akhirnya rana keluar dan memanggil tukang kerupuk tersebut. Kebahagiaan muncul dari wajah rana karena tukang kerupuk tersebut adalah lelaki muda, baik, gagah, dan tampan. Rana mengajak ngobrol tukang kerupuk tersebut dan tiba-tiba azan magrib berkumandang akhirnya tukang kerupuk pamitan pada rana karena harus buru-buru mencari masjid untuk shalat. Senang bukan main, "ini dia yang kuharapkan menjadi suami, lelaki sholeh dan baik hatinya". Intinya dengan proses yang panjang rana menyetujui tukang kerupuk tersebut untuk menjadi suaminya, akhirnya proses lamaran berjalan lancar hingga persiapan resepsi sudah dipersiapkan. H-1 acara walimahnya rana semakin deg-degan "akhrinya Allah memberiku kesempatan untuk menikah". Rana tak bisa tidur memikirkan acara besok, acara akad nikah yang sakral. Pagi menjelang, rana sudah siap untuk menggenapkan separuh agamanya, semua perlengakapanpun sudah siap. Tepat pukul 09.00 pengantin pria belum juga datang, rana semakin gelisah dan tiba-tiba keluarga pria datang dan mengabarkan bahwa calon suami rana meninggal dunia semalam karena tertabrak kereta api. seperti disambar petir kondisi rana pingsan dan tak sadarkan diri akhirnya rana dibawa kerumah sakit. dua hari tak sdarkan diri, ternyata ayah rana meninggal dunia juga tapi rana tidak mengetahuinya. sudah jatuh tertimpa tangga pula (orang disayanginya meninggal). Ternyata dokter yang merawat rana adalah ibunda dari mahasiswa rana yaitu hasan. Hasan kenal baik dengan rana, bahkan ia sering bercerita tentang dosennya itu kepada ibundanya. Kondisi rana sudah sehat dan bisa dibawa pulang akhirnya rana pun mengetahui bahwa ayahnya juga meninggal dunia, shock. Berbulan-bulan rana berusaha meulihkan jiwanya dia merasa bahwa memang dia belum saatnya menikah walau usianya sudah tak muda lagi. Dua bulan kemudian dokter yang merawat rana (ibunda hasan) datang kerumah rana dan menceritakan keinginan anaknya untuk menikah, rana sangat senang karena akhirnya mahasiswanya menikah. Tapi kemudian rana shock bukan main karena wanita yang ingin dinikahi hasan adalah dosennya sendiri yaitu rana, ya rana yang ingin dinikahi hasan. huaaahhh rana kaget dan tidak tahu harus berkata apa, setelah berfikir panjang akhirnya rana menerima lamaran ibunda hasan tetapi dengan syarat bahwa hasan harus melamar dirinya malam ini juga karena rana sangat khawatir tidak jadi lagi menikah (trauma) akhirnya ibunda hasan setuju dan disaksikan jamaah masjid malam itu hasan menikahi rana yaitu dosennya sendiri dengan mahar seadanya karena memang dadakan. Rana akhirnya menikah diusianya yang ke 35 tahun dengan mahasiswanya sendiri yang usianya jauh dibawah rana. Subhanallah..

nah itu kilasan novel yang aku baca, hhiiii ga tau deh menurut blogger menarik atau tidak. Kalau di novelnya sih bagus kata-katanya, karena ini adalah resensi dengan bahasaku sendiri jadi agak sedikit berantakan kata-katanya.
Subhanallah, sesuatu banget, pelajaran yang diambil banyak banget dari cerita ini untuk diri saya sebagai wanita..
keren keren..

LiAnakumi - Al masyuq

Tentang Impian

Tiada kata seindah hamdallah atas segala nikmat yang telah Allah limpahkan untukku..

Sampai hari ini tak henti-hentinya aku bermimpi, bermimpi mencapai sesuatu yang aku inginkan, karena aku sangat yakin kesuksesan seseorang berawal dari impian besar. Alhamdulillah Allah masih memberiku kesempatan untuk bermimpi..

sejak menggemari kegiatan corat coret alias tulis menulis, aku mempunyai impian dan harapan untuk memiliki buku. huaahhh mungkin hal yang mustahil jika tulisan-tulisan ku ini dijadikan sebuah buku, karena memang konten-konten yang aku tulis kebanyakan curhat dan kurang bermutu untuk dijadikan sebuah buku hhee. Tapi entah kenapa harapan membuat buku menjadi sangat besar, jika memang tidak bisa membuat buku sendiri minimal ada buku antalogi.. aamiin

Allah memang Maha Baik dan tahu kebutuhan hambaNya, hal yang mengejutkan bagiku ketika tulisanku dimuat disebuah buku antalogi "kisah-kasih mentoring" huaaahh amazing bersyukur bukan main, ini impianku sejak dulu, meski tidak dapat royalti gpp yang penting tulisanku dibukukan.. alhamdulillah. dalam buku "kisah-kisah mentoring" judul tulisanku mengenai "semuanya menyisakan kenangan indah tentang kita", ini adalah tulisan pertamaku.. mimpiku tidak berhenti disini, tapi aku terus bermimpi hingga semua harapan bisa tercapai. belum selesai rasa syukurku tentang antalogi kisah kasih mentoring ternyata Allah mengirimkan kejutan-kejutan indah lagi untukku. Satu bulan yang lalu aku coba mengikuti lomba menulis, hadiahnya yang sangat menggiurkan membuat aku semakin semangat untuk mengikuti lomba ini (hadiahnya naskah yang lolos akan dibukukan). Ternyata naskahku lolos 25 besar dan akan dibukukan, huaaahhhh amazing... seneng banget.. memang tidak ada royaltinya, tapi kata penyelenggara royalti 100% akan disumbangkan untuk palestine, subahanallah..

Allah, disini aku bersimpuh dihadapanMu atas segala nikmat dan karuniaMu..
Engkau Maha Pengatur skenario terbaik dan mengetahui kebutuhan setiap hambaNya..
Aku memohon padaMu agar Engkau terus memberikanku kesempatan untuk tetap bermimpi, karena dengan mimpi inilah aku bisa bertahan.. jangan Kau cabut impian-impianku..
aku sangat yakin Engkau mengikuti prasangka setiap hambaNya..

Sayang Allah..

LiAnakumi - Al masyuq




Ada kesalahan di dalam gadget ini
Ada kesalahan di dalam gadget ini

menurut anda apakah blog ini bermanfaat?

Blog Writing Competition 2015

Blog Writing Competition 2015

Blog Writing Competition 2015
Kompetisi Blog Summarecon

Pojok Pulsa

Lomba Blog Pojok Pulsa 2015

Smartfren 4G LTE Advanced

Ada kesalahan di dalam gadget ini
Ada kesalahan di dalam gadget ini
Ada kesalahan di dalam gadget ini

Search

"Liawati Anakumi"

Foto saya
Depok, Jawa Barat, Indonesia
seorang anak yang dibesarkan oleh orangtua yang luar biasa, memiliki cita-cita menjadi sholehah, berusaha menjadi diriku dengan segala kekuranganku dan menjadi diriku dengan segala kelebihanku, pembelajar yang terus mau belajar.. sanguinis dan plegmatis personal.. bagiku sastra adalah bagian dari kehidupan, dengan satu aksara aku bisa menjadi lebih memaknai dunia.. Teacher senior high

My Life

Bukan manusia yang sempurna, tapi berusaha menjadi yang terbaik diantara yang terbaik..

Sangat ingin menggeluti profesi dibidang pendidikan menjadi seorang guru dan konselor yang bermanfaat untuk orang lain dan menjadi pendengar yang baik..

Sangat ingin menggeluti profesi dibidang sastra menulis dan membaca, karena dengan menulis dan membaca dapat merubah dan menaklukan dunia dan isinya..

Memiliki impian yang mustahil terwujud menjadi seorang wartawan (hihiii)..


Special Word

"Ketika Cinta belum dipertemukan biarkanlah cinta berekspresi menjadi sebuah keshalehan"

"maka Nikmat Tuhan yang manakah yang dapat aku dustakan?"

"semua akan indah pada waktuNya"

ya Muhaimin

AL Masyuq


liawatianakumi. Diberdayakan oleh Blogger.