Bacalah dengan menyebut nama Tuhanmu

Atas wujud lain sebuah keindahan, muncul dengan nama Kebahagiaan..

(Vlog - Umum) Kamera Tersembunyi di Bus

apa yang ada dibenakmu setelah melihat foto ini?
keren bukan? hhe maksudnya bukan keren orangnya tapi perilakunya dan aktivitasnya.. ^_^
ya, saya ambil foto ini dengan kamera tersembunyi diantara bangku-bangku yang ada didalam bus, hhmm eitss jangan curiga dulu. Saya ambil foto ini bukan karena saya kecentilan, keganjenan dan antek-anteknya tapi Demi Allah saya takjub melihat aktivitas yang dilakukan Mas ini, entah Mas apa namanya karena memang kita tidak kenalan. hhe
baiklah saya akan menceritakan kronologisnya sampe saya bisa ambil foto orang ini dengan sembunyi-bunyi dan alhasil nyampe juga ke blog saya, hhe..

Rutinitas yang saya lakukan tidak jauh dari Depok-Rawamangun, saat itu saya dalam kondisi yang ngantuk tapi harus ngerjain tugas juga akhirnya saya buka laptoplah didalam bus. Biasanya kalo saya udah buka laptop, saya lupa sama sekitar hhee (entah berapa orang yang udah naik dan turun). setelah sekitar 30 menit saya buka laptop dan internet-an, kemudian saya turn off tuh laptop karena tugas sudah selesai, tidak lupa saya ngulet (apa tuh namanya lupa, kalau badan pegel atau habis bangun tidur?). Seperti biasa saya melihat pemandangan keluar bus ditengah mulusnya jalanan tol tanpa macet. Ketika itu saya tidak sengaja nengok kearah kanan, sekali tengokan saya liat ada laki-laki sedang mendekap tangannya (posisi bersedekap ketika shalat), pikir saya palingan tuh orang lagi tidur, eh eh eh tapi kok mulutnya komat kamit dan matanya melihat ke bawah ya, jangan-jangan lagi shalat lagi tanya saya dalam hati penasaran. Saya tidak terlalu memikirkan dan berusaha untuk tidak memperhatikannya lagi, tapi tiba-tiba kepala saya rasanya mau nengok lagi, benar saja tanpa disadari kepala saya nengok ke arah kanan lagi, apa yang terjadi? posisi tangannya sudah berada di atas lutut dan sedang mengacungkan jari telunjuknya. Ya laki-laki itu dalam posisi tahiyat (shalat), tidak salah lagi beliau sedang shalat. wooww keren, spontan saya ambil HandPhone dan melihat jamnya memang sepertinya itu waktu shalat duha, tanpa pikir panjang saya pasang camera dan jepreeeeeet jepreeeeeet jepreeeeet 3 kali foto tuh mas-mas, hhe dalam hati berhasil dapet fotonya tanpa ketahuan (parah ya saya, ckck).

bukan sekedar ingin mengoleksi foto tersebut tapi memang saya sangat senang mengabadikan moment yang menarik yang saya lihat diperjalanan untuk sekedar berbagi cerita dan mengambil hikmahnya. Ya jadi tujuan saya mengabadikan foto tersebut sebenarnya untuk berbagi cerita, berbagi inspirasi, dan mengambil himahnya, bukankah orang yang pandai adalah orang yang bisa mengambil hikmah disetiap kejadian walau sekecil apapun, setuju?

hikmah dari aktivitas orang tersebut adalah ditengah sempitnya waktu ia tetap berusaha untuk mendekatkan diri kepada Sang Pencipta (dalam kondisi di Bus), padahal jika dilihat itu memang shalat sunah yang artinya tidak diwajibkan tapi subhanallah orang tersebut melakukannya ditempat yang tidak biasa. Mungkin kita yang memiliki waktu luang kadang suka lupa meninggalkan shalat duha padahal jika kita tahu keutamaan shalat duha, wooww subhanallah banget..

Setiap salah seorang di antara kamu memasuki pagi harinya, pada setiap ruas tulangnya ada peluang sedekah; setiap ucapan tasbih (subhanallah) adalah sedekah, setiap hamdalah (ucapan alhamdulillah) adalah sedekah, setiap tahlil (ucapan la ilaha illallah) adalah sedekah, setiap takbir (ucapan Allahu akbar) adalah sedekah, amar ma’ruf adalah sedekah, nahi munkar adalah sedekah, semua itu cukup tergantikan dengan dua rakaat dhuha.
(HR Muslim)

Luar biasa bukan keutamaan shalat duha?
yuukk sama-sama kita perbaiki ibadah kita dengan Allah, semoga Amalan amalan yang kecil ini bisa menghantarkan kita ke SyurgaNya.. Aamiin

Belajar dari mereka..
Bumi Allah,

LiAnakumi - Al Masyuq




 

untuk sahabatku

entah setiap kali aku membaca tulisanmu, hatiku bergetar dan menangis. Sebenarnya aku sendiri tidak tahu apa alasannya.. tulisanmu begitu menyentuh, tulisanmu dibuat dengan mata hatimu..
entah setiap kali aku membaca tulisanmu, ada rasa dimana aku sedang dalam posisimu..
entah setiap kali aku membaca tulisanmu, ada gambar terbayang bahwa ketakutan yang luar biasa sedang menggelayuti dirimu..
tidak ada rekayasa, sungguh itu yang kurasa..
aku tahu engkau tersenyum dihadapan banyak orang, engkau bercerita tentang rasa bahagia  dan semangatmu, TAPI aku bisa membaca dalam wajah dan setiap tulisanmu bahwa engkau sedang dalam keadaan gelisah dan ketakutan.. mungkinkah ketakutan akan kehilangan?
ya itu yang kubaca..
padahal aku bukan siapa-siapa..
aku hanya seorang teman yang sok tau dan sok mau tau..
aku hanya seorang teman yang sedang meraba untuk mengenalmu lebih jauh..
TAPI
akupun ikut menangis karena aku merasakan ikatan hati ini yang terlalu dalam, walau aku tidak banyak tahu tentang kondisi kehidupanmu dan kita baru saja saling mengenal dalam hitungan tahun..

semoga Allah menguatkanmu, ditengah ketakutanmu..
semoga Allah menjagamu, ditengah engkau merasa akan kehilangan orang yang kau sayangi..

tulisan ini didedikasikan untuk sahabatku yang jauh disana..
kehidupanmu menjadi pembelajaran untukku..

Bumi Allah,
LiAnakumi - Al Masyuq

Balasan Surat

Setelah beberapa hari yang lalu saya memposting "Surat Untukmu" yang khusus saya berikan untuk adik saya, tidak lama kemudian ternyata postingan ini dibaca oleh adik saya dan tanpa sepengetahuan saya. Sedikit kaget dan bertanya-tanya dia baca dari mana, ternyata baca dari Iphone saya, ya dia baca dari situ, hhmm

akhirnya setelah saya dan adik saya membahas tentang postingan tersebut, spontan dan kaget dia memberikan saya buku catatan hariannya yang isinya membuat saya tercengang. you know?? ternyata dia membuat balasan tulisan terkait tulisan saya, woooww amazing.. saya sempat mendokumentasikannya, check this out
"Mba aku sayang sama mba, aku ingin mba bahagia, aku tahu perasaan kasih sayang mba ke aku, aku bahagia punya mba lia, mba selalu membelaku terima kasih mba. Doa selalu ku panjatkan untukmu.. Ya Allah, sayangilah mbaku sebagaimana mba lia menyayangiku, aamiin.. mba aku ga bisa kehilangan mba, aku mohon sama mba jangan tinggalkan aku, aku mohon. untuk mba I Love You Mba."

ya ya ya ini adalah balasan surat dari anak usia 8 tahun, huaahh rasanya adik saya ini sudah mulai terlihat bakatnya menjadi penulis, hhee
semoga terus selamanya melekat ditempat terdalam yang bernama hati..

Bumi Allah,
Lianakumi - Al Masyuq

Surat untukmu

Malam ini,
aku menatap wajah mungil dan kepolosanmu sedang tertidur pulas dalam tempat tidurmu, akupun menangis merasakan rasa cintaku yang begitu dalam untukmu, bidadari kecilku..

Tak pernah akan aku biarkan orang lain menyakitimu, walau kadang rasa jahil sering ku lakukan padamu. Itu bukan karena aku membencimu, tapi karena aku ingin melihat tangisan dan tawamu ditengah keluarga.. kerianganmu membuat aku seing tertawa gemas. Rasanya ingin ku berteriak pada dunia bahwa aku bersyukur bisa memilikimu, bidadari kecil nan cerdas juga sholehah..

Didalam hidupku, aku tak akan pernah lupa dengan wajah mungilmu, Nisa.. saat kau merengek meminta sesuatu, saat kau menari-nari meniru tokoh idolamu, saat kau bernyanyi, saat kau belajar menulis untuk mengungkapkan perasaanmu, saat kau berceloteh, saat kau bercanda riang, saat kau menjaili aku, saat kau selalu ingin menyentuh pipiku, saat kau bercita-cita ingin selalu membahagiakan keluarga, saat itu pula aku bersyukur anak sekecilmu bisa berfikir cerdas. Impian-impianmu sangat luar biasa, aku berjanji akan berusaha membantu mewujudkan mimpimu, bidadari kecilku..
selamanya aku berjanji akan berada dihatimu, selamanya adikku..

Dan jika suatu hari nanti, aku terlebih dahulu pergi dari dunia ini menuju tempat peristirahatan yang kekal. aku sangat berharap tetaplah menjadi dirimu dengan keceriaanmu, aku mengenalmu lebih dari apapun. kau begitu cerdas, kretif, dan sangat penyayang..

Dan berjanjilah tetap selalu menyebut namaku dalam setiap doamu hingga kau beranjak dewasa nanti..
tetaplah menyayangi keluarga hingga kau mampu menggantikan posisiku nanti..
lakukanlah yang terbaik untuk hidupmu, lakukanlah yang terbaik untuk keluarga, dam lakukanlah yang terbaik untuk sekitarmu..
tetap menjadi anak yang cerdas dan sholehah, seperti cita-citamu ingin memakai jilbab diusia dinimu..
terus mendekatlah pada Tuhanmu karena tak boleh sedikitpun kau mengabaikan hubunganmu dengan Tuhanmu..

ini adalah doaku untukmu jika suatu hari nanti kau beranjak dewasa dan aku sudah tidak ada lagi di sisimu..
dan cintaku akan selamanya ada dihatimu adikku..

Bumi Allah,
12 Ramadhan..

LiAnakumi - AL Masyuq..

Berjuang dan Memperjuangkan..

Tak usah risau,
Tak usah dipikirkan,
Yakinlah semua ada jalan yang terbaik,
Semua punya pilihan masing-masing,
yang perlu dipikirkan adalah usaha untuk menggapai itu semua,
usaha untuk mencapai impian itu,


Bukankah usaha yang kita lakukan sangat dekat dengan hasil yang diperoleh?
tetap semangat memperjuangkan ini semua,
terpacu sesuai dalam koridorNya..


jika usaha sudah maksimal,
tinggal ditambah bumbu doa yang harus semakin kuat,
ditambah tawakal yang semakin erat,


semangat berjuang dan memperjuangkan..


diujung waktu aku berharap..



Bumi Allah,

LiAnakumi - Al Masyq

(Vlog - Ramadhan) Cerita Ramadan Anak-anak

bacalah dengan menyebut nama Tuhanmu yang menciptakan..

Vlog - Berbicara tentang ramadhan memang satu bulan yang penuh rahmat bagi yang tulus ikhlas menjalankannya. semoga kita semua termasuk orang-orang yang senantiasa bersyukur karena diberi kesempatan bertemu dengan Ramadhan. Nah kali ini saya mau berbagi cerita tentang kisah yang pernah saya alami dan saya lihat di bulan Ramadhan..

Saya adalah seorang mahasiswa, sejak duduk dibangku kuliah semester 1 saya sudah mulai untuk berusaha mandiri alias menghidupi diri sendiri dan ga mau nodong terus ke orangtua, nah caranya dengan ngajar privat dari rumah kerumah.. ^_^

Kali ini saya mengajar seorang murid yang luar biasa sebut saja namanya Dafa, sejak Dafa memasuki Taman Kanak-kanak (TK) dia sudah mulai les dengan saya, berarti kira-kira sudah sekitar 2 tahun saya mengajar dia sampai dia menduduki bangku Sekolah Dasar kelas  1. Setidaknya selama 2 tahun itu saya mulai paham tentang dirinya dan keluarganya. Dafa tidak seperti anak-anak lainnya, kehidupan Dafa sangat unik dan terkekang, apapun yang ia lakukan harus sesuai dengan keinginan bundanya. Bahkan untuk mainpun Dafa sangat diatur dan dapat dihitung dengan jari berapa kali Dafa bermain. Bisa kebayangkan bagaimana seorang anak kecil yang sangat polos harus diatur sebegitunya oleh bundanya.. Bahkan hampir setiap hari dafa selalu kena marah dan hukuman dari bundanya.

Nah sekarang saya akan menceritakan tentang kisah Dafa dibulan Ramadhan yang saat itu Dafa duduk dikelas 1 SD. Pola asuh Bunda Dafa yang sangat tegas dan mengekang membuat Dafa diwajibkan untuk berpuasa 1 hari penuh dari shubuh sampai maghrib, bayangkan anak sepolos itu harus menahan lapar seperti orang dewasa. Dafa yang saat itu memang sangat takut dengan orangtuanya mencoba untuk menuruti dan berusaha puasa full. Dari wajah polosnya terlihat beban yang teramat berat. 5 hari berlalu dan Dafa pun bisa puasa full sampai magrib, walau jika dilihat memang dia sering menggurutu untuk minta buka di siang hari tapi lagi-lagi bundanya selalu marah. Saya saja sampai sedih dan pernah menangis melihat perlakuan bundanya ke Dafa.

Hari ke-6 puasa, saya datang kerumahnya untuk les ngaji dafa. Dijalan saya sudah mengatur strategi yang ada difikiran saya untuk berusaha membuat lupa kalau dafa sedang puasa, ngaji sambil bermain sulap yaaa itu yang saya akan lakukan nanti. hhmm sampai rumah Dafa, saya langsung duduk dan menyapa dafa untuk segera menyuruhnya ngaji. Dalam benak saya berkata "tumben si Dafa ga lemes, biasanya kaya orang udah ga bernyawa lemesnya setengah mati". Ngajipun dimulai dan saya bertanya dengan kabar puasa dia hari ini,

"waaahh dafa hebat hari ini ceria banget, nah bagus gitu ga lemes" tutur saya
"kaka, jangan bilang bunda ya" bisik dafa pada saya
"hhmm emang kenapa?"tanya saya penasaran
"janji jangan bilang bunda, nanti dafa pasti dimarahin dan dihukum" jawab dafa
"iya, kaka janji" sautku
"tadi siang waktu bunda dan ade diluar rumah, dafa ambil makanan yang sisa saur, dafa ambil aja sosis dan tempenya, terus dafa juga minum, dafa udah ga kuat kaka sampe lemes" cerita dafa
"astagfirullah dafa" dan akupun sangat kaget  mendengar ceritanya dan sedikit sambil tertawa, anak sepolos itu berusaha mencari strategi untuk mengisi perutnya
"iya kaka, terus tadi pas bunda masuk lagi kedalam, dikira bunda ada kucing soalnya tempenya ada yang jatuh hhee dan bunda ga tau kalo itu dafa karena dafa langsung kekamar untuk tidur" cerita dafa
"ya Allah dafa, dafa takut ya dimarahin bunda?" tanyaku
"sabar ya sayang, meski dafa suka dimarahin dan dihukum tapi Allah sangat sayang sama dafa anak yang cerdas dan sabar" sapaku
.....
saya tertawa geli mendengar cerita dafa, meskipun itu ga baik tapi setidaknya dia sedang berusaha untuk melindungi dirinya. Dia berani mengambil resiko yang besar, padahal jika itu semua ketahuan, bundanya tak akan segan-segan untuk menghukumnya (diguyur dan dikunci dikamar mandi). Tapi saya belajar banyak dari kehidupan dafa yang berusaha untuk sabar, tegar, dan cerdas disetiap kondisi. anak usia 6 tahun yang hidup secara tidak wajar.
Semoga kita semua dapat mengambil hikmahnya..












Bumi Allah, Liawati Anakumi

Tentang Neraka yang semakin dekat..

Bismillah..
Bahasan kali ini sedikit agak ngeri dan pastinya bisa menggetarkan jiwa-jiwa kita sebagai manusia yang lemah dihadapanNya. Baru saja saya mendapatkan Taujih tentang Neraka, you know Neraka? pastilah tau, anak kecilpun kalau ditanya tentang neraka pasti mereka tau, karena Neraka ini adalah lawan dari syurga yang mungkin suatu saat kita akan tau sesungguhnya neraka itu seperti apa, astagfirullah..
disini saya akan mencoba berbagi pengetahuan atau ilmu terkait Neraka, sereemm juga ya bahasanya.. sebenernya yang menjadi tujuan adalah bukan terkait serem atau tidaknya tapi setidaknya ketika kita sudah mengetahui gambaran tentang neraka, hal ini akan membuat kita terus meperbaiki diri dari hari kehari.. ^_^

Neraka didepan Mata
Ternyata seburuk-buruknya tempat itu ialah neraka, ini ada dalam surat cintanya Allah yaitu QS. Ali Imron : 192 dan 131.  Sesungguhnya para malaikat penjaga neraka tidak pernah mau durhaka kepada Allah, ketika Allah memerintahkan untuk memberikan hukuman kepada manusia yang berdosa di neraka, maka para malaikat akan menuruti perintah Allah. Dalam hal ini tidak ada toleransi dan tidak ada rasa kemanusiaan (seperti ga enak hati ataupun kasihan). Selama ini mungkin kita hanya mengetahui jumlah malaikat penjaga pintu neraka hanya ada 1 malaikat yaitu malaikat Malik, tapi sesungguhnya dalam QS. Mudasir : 31 dijelaskan bahwa jumlah malaikat yang menjaga pintu neraka ada 19 orang (ayoo di cek kembali Al Qurannya).

Selama ini ketika kita berada didunia kita sering kali mengeluh kepanasan (ketika cuaca panas), rasanya sampe ke ubun-ubun panasnya dan pengennya minum yang seger-seger, tapi tahukah bahwa ternyata panasnya neraka adalah 69 kali lipat dari panasnya dunia, Astagfirullah jadi panasnya didunia ini hanya 1/70 tapi rasanya udah panas banget. Ga kebayang gimana panasnya, semoga kita termasuk orang-orang yang dilindungi dari panasnya api neraka. aamiin. selama ini yang kita tahu tentang warna api adalah merah dan biru (yang sering diliat dikompor gas, hhe) tapi subhanallah Allah menciptakan Api neraka yang luar biasa, 1000 tahun warna api berwarna merah, 1000 tahun kemudian berwarna menjadi putih, dan 1000 tahun kemudian berwarna menjadi legam (hitam pekat). Astagfirullah..

Ternyata Neraka juga punya lapisan-lapisan, jadi bukan ozon aja yang punya lapisan. Ada 7 lapis pintu di neraka, mungkin yang selama ini terkenal dan yang kita tahu adalah Neraka Jahanam, tapi ternyata masih ada 6 pintu lagi, yaitu :
Neraka Jahanam, ini tempat khusus untuk Ahli Tauhid yang berdosa.. termasuk kah kita didalamnya? Astagfirullah, Neraka Saqor, Neraka Laza, Neraka Hutomah, Neraka Sya'ir, Neraka Jahim, Neraka Hawiyah, nah neraka hawiyah ini adalah neraka yang tidak punya dasar dan tidak berujung. ga kebayang gimana berdirinya.. Astagfirullah..
    nah, itu gambaran tentang kondisi neraka, saya ga kebayang gimana tempatnya.. sekarang sambil buka-buka tafsir lagi nih di QS. Albaqarah : 39 , QS. Al Araf : 36 , QS. At taubah : 63 , dan QS. Yunus : 52 ini semua berisi tentang siapa saja penghuni neraka. Ayoo di cek tafsirnya, apakah kita termasuk didalamnya? Astagfirullah..
    di neraka sudah diabadikan beberapa nama yang pasti masuk neraka, yaitu Firaun, Istri nabi Lud, Istri nabi Nuh, Abu Lahab, dan Jin yang kufur. Ada juga klasifikasi penghuni neraka seperti orang kafir dan musyrik (QS. 40 : 10) , tidak menjalankan syariat dan mengingkari hari kiamat ( QS. Mudasir : 64-67) , Kaum Munafik ( QS. At taubah : 68 , QS. 41 : 145 , QS. 7 : 36). Nah ternyata ada juga dosa-dosa yang terancam masuk neraka, mari kita cek sendiri apakah kita masuk kedalam golongan tersebut, astagfirullah.. yaitu, 
    orang yang tidak mau hijrah, orang yang menyimpang dari hukum Allah, Mendustakan Rasul, Takabur, Memelihara Riba, Memakan harta yang bhatil, bersahabat dengan orang yang dzalim, wanita telanjang dan suka memukul, orang yang suka menyiksa binatang, tidak ikhlas menuntut ilmu, minum dan makan menggunakan tempat yang terbuat dari emas, menebang pohon tempat berteduh, serta bunuh diri.

    yang paling menyeramkan adalah pembahasan tentang makanan dan minuman para penghuni neraka, yaitu Zakum, Air yang panas yang berasal dari rebusan daging dan dari keringat, Air dingin yang berbau busuk dan menjijikan, Pakaiannya dari aspal. Ada pula gambaran untuk penghuni neraka yaitu, Kulitnya menjadi hangus, kepala hancur, dan wajahnya diseret dengan kondisi tidak melihat dan tidak mendengar.

    Astagfirullah, astagfirullah, astagfirullah..
    semoga kita termasuk orang-orang yang bisa merasakan syurga dan Allah melindungi kita dari siksaan api neraka. Manusia memang tidak luput dari salah dan dosa, tapi yang terpenting adalah kita harus senantiasa memperbaiki diri dari hari kehari,  untuk hasil akhir memang Allah yang menentukan (Syurga atau neraka) tapi yang terpenting kita harus terus berusaha menjadi yang terbaik dimata Allah dan terus mengerjakan amal-amal sholeh. aamiin

    ini pembelajaran buat diri saya, yang selalu mengingatkan saya pada kematian karena teman setia yang selalu mengikuti adalah kematian.
    jika ada salah dalam postingan di atas mohon dikoreksi, sesungguhnya yang benar itu datangnya dari Allah dan yang salah datangnya dari diri saya pribadi..
    semoga ini menjadi bekal ilmu pengetahuan untuk kita semua sehingga kita bisa lebih dekat dengan Tuhan yang telah menciptakan diri kita dengan sempurna.

    Bumi Allah,
    Lia anakumi - AL Masyuq

    Ada kesalahan di dalam gadget ini
    Ada kesalahan di dalam gadget ini

    menurut anda apakah blog ini bermanfaat?

    Blog Writing Competition 2015

    Blog Writing Competition 2015

    Blog Writing Competition 2015
    Kompetisi Blog Summarecon

    Pojok Pulsa

    Lomba Blog Pojok Pulsa 2015

    Smartfren 4G LTE Advanced

    Ada kesalahan di dalam gadget ini
    Ada kesalahan di dalam gadget ini
    Ada kesalahan di dalam gadget ini

    Search

    "Liawati Anakumi"

    Foto saya
    Depok, Jawa Barat, Indonesia
    seorang anak yang dibesarkan oleh orangtua yang luar biasa, memiliki cita-cita menjadi sholehah, berusaha menjadi diriku dengan segala kekuranganku dan menjadi diriku dengan segala kelebihanku, pembelajar yang terus mau belajar.. sanguinis dan plegmatis personal.. bagiku sastra adalah bagian dari kehidupan, dengan satu aksara aku bisa menjadi lebih memaknai dunia.. Teacher senior high

    My Life

    Bukan manusia yang sempurna, tapi berusaha menjadi yang terbaik diantara yang terbaik..

    Sangat ingin menggeluti profesi dibidang pendidikan menjadi seorang guru dan konselor yang bermanfaat untuk orang lain dan menjadi pendengar yang baik..

    Sangat ingin menggeluti profesi dibidang sastra menulis dan membaca, karena dengan menulis dan membaca dapat merubah dan menaklukan dunia dan isinya..

    Memiliki impian yang mustahil terwujud menjadi seorang wartawan (hihiii)..


    Special Word

    "Ketika Cinta belum dipertemukan biarkanlah cinta berekspresi menjadi sebuah keshalehan"

    "maka Nikmat Tuhan yang manakah yang dapat aku dustakan?"

    "semua akan indah pada waktuNya"

    ya Muhaimin

    AL Masyuq


    liawatianakumi. Diberdayakan oleh Blogger.